Friday, July 15, 2016

Istilah-Istilah dalam Bermain Pokemon Go

Bermain Pokemon Go memang mengasyikkan. Apalagi saat ini game ini benar-benar menjadi permainan yang banyak dibicarakan dan digemari oleh para gamer di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.  Dan salah satu hal yang perlu diketahui sebelum kita memainkan game Pokemon Go ini adalah memahami istilah-istilah yang ada dalam permainan ini, yaitu:


Battle
Di dalam Gym dapat melaukan battle atau pertarungan dengan tim lain. Apabila memenangkan pertarungan itu, maka akan dapat mengambil alih Gym daru tim tersebut.
Ketika memenangkan pertarungan, maka ‘Gym’s Prestige’ lawan akan berkurang, apabila sudah mencapai angka nol maka dapat mengambil alih Gym tersebut.

Candy
Candy bisa didapatkan dengan menangkap Pokemon, menetaskan telur, dan mentransfer Pokemon ke Profesor. Candy dapat digunakan untuk meningkatkan Combat Power dan untuk Evolusi Pokemon.
Combat Power/ Combat Point  (CP)
Setiap Pokemon memiliki data-data yang berbeda termasuk kekuatan yang ditunjukkan dengan CP. Semakin tinggi CP, maka daya tarungnya juga akan semakin kuat 

Defender Bonus
Pada item bisa mendapatkan Stardust dan PokeCoins pada setiap Gym yang dimiliki. Defender Bonus juga dapat diperoleh di Shop.

Eggs
Pokemon Eggs bisa didapatkan di PokeStops. Pokemon Eggs memerlukan Incubator untuk dapat menetas. Setelah menempatkannya di Incubator, maka telur akan menetas menjadi Pokemon setelah gamer berjalan pada jarak tertentu. Selain Eggs juga ada Lucky Egg yang dapat kita beli di shop meningkatkan jumlah poin kita. 

Evolution
Evolusi adalah proses penggunaan Candy untuk merubah Pokemon ke bentuk selanjutnya.

Experience Points (XP)
Tingkat Experience Points (XP) menentukan untuk bisa naik ke Level yang lebih tinggi.

Fainted Pokemon
Fainted Pokemon adalah Pokemon yang HPnya mencapai angka nol. Fainted Pokemon dapat dihidupkan kembali dengan item Revive atau Max Revive

Gyms
Gym adalah tempat untuk seorang trainer bertarung yang dijaga oleh tim yang sama disebut ‘Friendly Gyms’, sedangkan Gyms yang dijaga oleh tim lawan disebut ‘Rival Gyms’. Gyms yang belum diklaim oleh tim manapun disebut dengan ‘Open Gyms’. Gamers hanya bisa mengakses Gym kalau sudah mecapai level 5 saja, setelah itu kita akan disuguhkan tiga tim pilihan, yaitu Mystic untuk biru, Valor untuk merah, dan Instinct untuk kuning. Setiap tim memiliki lambang Pokemon legendanya masing-masing

Hit Points (HP)
Pokemon dengan Hit Points (HP) mencapai nol akan Fainted. Untuk membangkitkannya harus menggunakan item Revive atau Max Revive.

Incense
Dengan menggunakan Incense, Wild Pokemon akan mendekat ke area gamer. Durasi penggunakan item ini adalah 30 menit.

Incubator
Tempatkan Pokemon Eggs didalam Incubator, dan telur tersebut akan menetas setelah berjalan pada jarak tertentu.

Lure Module
Lure Module juga bisa membantu kita menangkap Pokemon karena menarik keberadaan Pokemon ke dekat kita. Perlu diketahui, Lure Module juga bisa di-share dengan orang lain

Lucky Egg
Berfungsi untuk melipatgandakan jumlah XP yang diperoleh dalam waktu tertentu dengan menggunakan Lucky Egg.

Medals
Medals diberikan pada gamer untuk berbagai Achievements yang telah melalui beberapa game.

Poke Balls
Bisa dibilang ini merupakan senjata kita karena digunakan untuk menangkap wild Pokemon. Begitu registrasi, kita sudah dibekali dengan PokeBall dan juga bisa didapatkan di PokeStops atau membelinya di Shop. Great Balls, Ultra Balls, dan Master Balls adalah tingkatan Poke Balls yang memiliki kemampuan lebih besar untuk menangkap wild Pokemon.

Poke Coins
Poke Coins adalah mata uang yang digunakan untuk membeli item premium di Shop. Poke Coin juga bisa dibeli di Shop.

Pokedex

Pokedex berisi informasi tentang spesies Pokemon yang telah tangkap atau temui. Apabila kita berhasil menangkap satu Pokemon langsung saja didaftarkan ke dalam Pokedex, sehingga kedepannya  kita bisa mengetahui monster-monster apa saja yang sudah berhasil kita tangkap.
 
Pokemon Legenda
Pokemon legenda adalah pokemon langka yang diidamkan oleh banyak orang. Untuk mendapatkan pokemon ini tidaklah mudah, hanya pada tempat-tempat tertentu saja, dan kemungkinan sangat sulit untuk menuju kesana. Pokemon legenda generasi pertama yang terdapat pada Pokemon Go adalah Zapdos, Moltres, Articuno, Mew, dan Mewtwo. Kemungkinanan hanya akan ada 5 jenis pokemon ini saja pada game Pokemon Go.

PokeStops
PokeStops adalah kubus biru yang ada di layar hp tempat mengumpulkan item yang diperlukan dalam bermain game.  PokeStops akan terlihat berubah ketika gamer sudah cukup dekat. Untuk masuk ke sana, cukup menyentuh PokéStops, lalu putar Photo Disc di dalamnya untuk mendapatkan item. Di lokasi ini, kita bisa mendapatkan potions, eggs, Pokeballs, dan item lainnya. Setiap kali kita berada di dekat PokeStop, kita akan mendapatkan tambahan 50 poin, dan ini cara yang gamnpang untuk meningkatkan level kita

Potions
Ada banyak varian Potions yang dapat digunakan untuk menyembuhkan Pokemon. Item ini dapat mengembalikan HP (Hit Points) Pokemon.

Power-Up
Power Up merupakan cara meningkatkan tenaga dengan menggunakan Stardust dan Candy, gamer dapat meningkatkan Combat Power (CP) dan Hit Points (HP) Pokemon.

Prestige
Prestige adalah ukuran kemajuan sebuah Gym. Prestige diperoleh ketika Pokemon dilatih di Gym.

Razz Berry
Item ini digunakan untuk menangkap Pokemon liar dan sulit ditangkap, sehingga akan lebih mudah menangkapnya.

Stardust
Adalah salah satu item yang dapat digunakan untuk menaikan kemampuan Pokemon (Power Up). Stardust diperoleh dengan menangkap Pokemon, menetaskan telur, dan mendapatkan Defender Bonus.


No comments:

Post a Comment